tips mengajar siswa dengan media unik
Dalam silabus ini dicantumkan kompetensi dasar atau keterampilan berbahasa apa yang akan dicapai dan daftar
kosakata
untuk setiap jenjang atau kelas yang minimal perlu dikuasai siswa. Guru dapat menambah
bila memang siswanya membutuhkan. Buku ajar yang diberi judul Learning by Doing
jilid 1–6
dicetak oleh PT Grafindo Media Pratama dalam bentuk yang cukup menarik atas permintaan
peneliti yang juga penulis, antara lain kualitas kertas, gambar dan dicetak
berwarna. Buku itu berisi berbagai macam kegiatan yang berdasarkan teori, konsep,
pengalaman dan penelitian sesuai untuk anak SD. Selain itu jenis materi juga cukup
banyak, antara lain wacana pendek, dialog, dongeng, nyanyian, permainan, dsb. Buku
Petunjuk Guru untuk pegangan guru diperlukan sebagai panduan dalam mengimplementasikan
buku ajar. Di dalamnya tercantum daftar kompetensi keterampilan berbahasa yang
direncanakan untuk dikuasai siswa. Media,
terdiri atas 100
flash cards
berupa
gambar binatang, benda, buah-buahan, alat rumah tangga, pakaian, dsb. Saat ini flash
cardsdisepakati akan dicetak berwarna dan dikembangkan menjadi 200 buah,
termasuk flash cards
dengan
ukuran kecil untuk anak-anak yang belajar berpasangan dan kerja kelompok. Selain
flash cards, juga dibuat 4 set Puppets yang isi ceriteranya ada di buku ajar.
Dengan
membaca ceritera (story-reading)
atau hanya diceriterakan (story-telling)
guru dapat memperjelas isi ceritera
dengan menggunakan
puppets. Siswa
dapat memegang
puppets
itu dan
memerankannya bersama-sama dengan siswa lain (peers). Puppets
ini dibuat dari bahan yang cukup kuat dan dibuat berwar
na supaya
lebih menarik. Banyak guru yang tidak tahu bagaimana menyanyikan lagu-lagu
bahasa Inggris
yang ada di
buku. Mereka memerlukan kaset rekaman n
yanyian yang
ada di buku ajar. Oleh karena itu, dibuat rekaman lagu-lagu
tersebut agar guru dapat menyanyikannya dan guru dapat mempersiapkan
sebelumnya. Selain kaset nyanyian, juga dibuat CD model mengajar. Guru dapat
melihat CD model mengajar, kemudian mengembangkan kegiatan sendiri sesuai
kebutuhan.
Prof. Kasihani E. Suyanto, M.A., Ph.pdf Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar