Kamis, 24 Juli 2014

tips mengajar siswa dengan media unik 

Dalam silabus ini dicantumkan kompetensi dasar atau keterampilan berbahasa apa yang akan dicapai dan daftar
kosakata untuk setiap jenjang atau kelas yang minimal perlu dikuasai siswa. Guru dapat menambah bila memang siswanya membutuhkan. Buku ajar yang diberi judul Learning by Doing

jilid 1–6 dicetak oleh PT Grafindo Media Pratama dalam bentuk yang cukup menarik atas permintaan peneliti yang juga penulis, antara lain kualitas kertas, gambar dan dicetak berwarna. Buku itu berisi berbagai macam kegiatan yang berdasarkan teori, konsep, pengalaman dan penelitian sesuai untuk anak SD. Selain itu jenis materi juga cukup banyak, antara lain wacana pendek, dialog, dongeng, nyanyian, permainan, dsb. Buku Petunjuk Guru untuk pegangan guru diperlukan sebagai panduan dalam mengimplementasikan buku ajar. Di dalamnya tercantum daftar kompetensi keterampilan berbahasa yang direncanakan untuk dikuasai siswa. Media, terdiri atas 100
flash cards

berupa gambar binatang, benda, buah-buahan, alat rumah tangga, pakaian, dsb. Saat ini flash cardsdisepakati akan dicetak berwarna dan dikembangkan menjadi 200 buah, termasuk flash cards

dengan ukuran kecil untuk anak-anak yang belajar berpasangan dan kerja kelompok. Selain flash cards, juga dibuat 4 set Puppets yang isi ceriteranya ada di buku ajar.

Dengan membaca ceritera (story-reading) atau hanya diceriterakan (story-telling) guru  dapat memperjelas isi ceritera dengan menggunakan

puppets. Siswa dapat memegang 

puppets
 itu dan memerankannya bersama-sama dengan siswa lain (peers). Puppets ini dibuat dari bahan yang cukup kuat dan dibuat berwar

na supaya lebih menarik. Banyak guru yang tidak tahu bagaimana menyanyikan lagu-lagu bahasa Inggris

yang ada di buku. Mereka memerlukan kaset rekaman n

yanyian yang ada di buku ajar. Oleh karena itu, dibuat rekaman lagu-lagu tersebut agar guru dapat menyanyikannya dan guru dapat mempersiapkan sebelumnya. Selain kaset nyanyian, juga dibuat CD model mengajar. Guru dapat melihat CD model mengajar, kemudian mengembangkan kegiatan sendiri sesuai kebutuhan. 

 Prof. Kasihani E. Suyanto, M.A., Ph.pdf Pengajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar